Penyakit Cacar Sapi Menyerang Ternak Kp Garung


Kalam, Garung. Dilaporkan oleh tim Radar Sukagalih, Selasa 14 Maret 2023, Telah ditemukan penyakit Cacar Sapi atau Cacar Kulit Sapi (LSD) Lumpy Skin Disesase yang menyerang ternak sapi salah seorang warga di Kp Garung Desa Sukagalih Jonggol, Peternak mulai resah.

Sebut saja bapak "AN" salah seorang warga Kp Garung Desa Sukagalih Jonggol yang ternak sapinya terkena penyakit Cacar Kulit, beliau berharap kepada pemerintah desa atau dinas peternakan kesehatan hewan dan pihak terkait lainnya untuk memberantas penyakit yang baru ditemukan di kp Garung tersebut agar penyakit cacar kulit yang terdapat di hewan ternaknya bisa disembuhkan.

Penyakit Cacar Sapi atau Cacar Kulit Sapi masih menjadi ancaman sebab penyakit ini bisa menular ke sesama ternak lainnya, terbukti bukan hanya ditemukan di Kp Garung, tapi ditemukan juga penyakit serupa di wilayah Desa Sukagalih lainnya seperti di kp Cimendo dan Kp Lewi Jati.


Belum diketahui pasti kapan kasus penyakit Cacar Sapi ini pertama kali muncul di Desa Sukagalih, namun pemerintah desa dan pihak terkait akan melakukan penelusuran di seluruh tempat kejadian dengan memberikan obat khusus untuk hewan ternak sapi.

Pihak pemerintahan Desa Sukagalih menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dengan menjaga kebersihan kandang ternak dan memperhatikan atau mewaspadai penyebarannya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama