Satu Kandang Ayam Mati Mendadak, Penyebab Belum Diketahui


Kalam, Cimendo RT 14/07. Dilaporkan oleh tim Radar Sukagalih, Jumat 7 April 2023, Pagi hari diberitakan satu kandang ternak ayam milik seorang warga Kp Cimendo RT 14/07 Desa Sukagalih Jonggol telah ditemukan mati mendadak, belum diketahui pasti sebab kematiannya.

Sebut saja "Haji Dacep" semua ternak ayam miliknya pagi tadi telah ditemukan mati mendadak, penyebab kematian tersebut memicu perdebatan dari kalangan warga sekitar, sebab sehari sebelum kejadian ternak ayam yang dimiliki korban terlihat sehat dan baik-baik saja, ada yang menyebutkan mati akibat diserang hama, hewan buas, virus tetelo, penyakit baru bahkan ada yang menyimpulkan mati akibat diracuni seseorang.

Kronologi kejadian bermula ketika pemilik ternak pagi hari pukul 06.01 WIB akan memberi makan ayam namun tidak ada satupun ayam miliknya yang muncul, barulah pemiliknya sadar bahwa ternak ayam miliknya telah ditemukan mati semua.


Setelah tim Radar Sukagalih melakukan penelusuran di lokasi kejadian, dugaan kuat sementara penyebab kematian ayam tersebut disebabkan oleh infeksi Virus Avian Paramyxovirus Newcastle Disease (ND) atau dalam bahasa lumrahnya penyakit Tetelo.

Hingga berita ini diterbitkan kasus kematian ayam satu kandang tersebut masih dalam penelusuran aparatur desa setempat dan pihaknya telah mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan hewan peliharaannya terutama kandang ternak. Semoga tidak terulang kembali.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama