Virus ini Serang Ternak Warga Sekampung


Kalam, Cimendo Wetan RT 15/08. Dilaporkan oleh tim Radar Sukagalih, Minggu 9 April 2023, Telah terjadi serangan mendadak sebuh virus berbahaya yang menyerang ternak warga Kp Cimendo Wetan RT 15/08 Desa Sukagalih Jonggol, puluhan ternak milik warga mati mendadak.

Sebut saja "Ibu Mumun", Teh Elis" dan "Teh Euis" satu kandang ternak ayam mereka bertiga telah ditemukan mati semua, ada juga "Teh Yuni" 1 ayam bangkok, "Bapak Anam" Entok 2, "Bapak Idon" 1 ekor ayam dan masih banyak yang tidak saya sebutkan, semua ternak mereka telah ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.

Penyebab kematian ternak milik warga Kp Cimendo Wetan RT 15/08 Desa Sukagalih Jonggol ini diduga telah diserang penyakit Tetelo yang disebabkan oleh Virus Avian atau Virus Newcastle Disease (ND) yang sebelumnya juga ada kasus serupa ternak ayam 1 kandang ditemukan mati mendadak yang dialami oleh warga Kp Cimendo RT 14/07 (Beda Dusun) sehari sebelumnya.


Bapak "Iwo Suryana" sebagai salah satu aparatur dan staf Desa Sukagalih Jonggol mengutarakan pendapatnya terkait masalah virus yang menyerang hewan ternak tersebut:

" Untuk selanjutnya kepada warga Desa Sukagalih khususnya warga Kp Cimendo yang terkena dampaknya langsung, saya imbau untuk selalu menjaga kebersihan secara menyeluruh, misal ternak A bersih tapi ternak B tidak, maka penyakit Tetelo masih akan menyerang ternak, untuk itu mulai dari sekarang bersihkan kandang, semprot dengan pewangi atau bersihkan dengan sabun dan lakukan ini seminggu sekali, lalu ayam yang terkena penyakit di pisahkan, yang sudah mati jangan di buang sembarangan harus di kubur agar penyebaran penyakit tersebut bisa terhenti ". Tutur " Iwo Suryana".

Kasus penyakit Tetelo yang menyerang warga Kp Cimendo tersebut masih dalam tahap pembenahan diri, mengingat susahnya untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit tersebut jika tidak dilakukan dengan benar oleh warga yang terkena dampak langsung. Semoga tidak terulang kembali.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama