Krisis Air Masih Melanda Warga Desa Sukagalih


Pak Jamsu, Desa Sukagalih. Dilaporkan oleh tim Radar Sukagalih. Rabu 30 Agustus 2023 - Kekeringan akibat cuaca panas ekstrim dan musim kemarau yang berkepanjangan telah melanda Desa Sukagalih Kecamatan Jonggol. Warga di wilayah ini menghadapi krisis sumber air bersih yang semakin meresahkan. Hampir seluruh dusun di Desa Sukagalih terdampak kekurangan air dengan kondisi terparah dialami oleh Cimendo Wetan dan Cimendo Lio, dimana sumur-sumur warga mengalami kekeringan.


Di Cimendo Lio RT10 RW05, semua sumber mata air diberitakan telah mengering. Menurut ketua RT setempat, terdapat sekitar 36 KK (Kartu Keluarga) atau total 76 warga yang terdampak oleh kondisi kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan parah. Tidak hanya Cimendo, hampir disemua dusun Desa Sukagalih juga diberitakan telah mengalami kekeringan. Untuk memperbaiki situasi ini, tindakan-tindakan mendesak mungkin perlu dipertimbangkan.


Upaya keras telah dilakukan oleh Kepala Desa Sukagalih "Aja Waridin" guna mengatasi masalah ini sejak bulan lalu, ia telah mengambil inisiatif untuk mendistribusikan air bersih ke setiap dusun yang terkena dampak.


Meskipun sudah berupaya maksimal, tetapi keterbatasan pasokan air masih membuat sebagian besar warga menghadapi krisis air bersih.


Dalam pernyataannya "Aja Waridin" menyampaikan tekadnya untuk terus berjuang mendapatkan solusi atas krisis air yang melanda warganya. Ia menyadari bahwa memperoleh sumber air bersih adalah tantangan yang membutuhkan waktu dan usaha. Meskipun demikian, ia tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan berbagai pihak dan menjalankan langkah-langkah kreatif guna menghadapi tantangan ini.


Dalam kondisi cuaca yang masih mengkhawatirkan, upaya konservasi air dan pendistribusian air bersih kepada warga terdampak tetap menjadi prioritas utama. Pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait diharapkan dapat memberikan bantuan serta dukungan lebih lanjut kepada Desa Sukagalih dalam mengatasi krisis air bersih ini.


Warga Desa Sukagalih pun berharap semoga hujan segera turun untuk mengakhiri masa krisis dan memulihkan pasokan air di wilayah mereka.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama