Desa Sukagalih Gelar Patroli Gabungan Bersama Aparat Kecamatan Jonggol


RT Dadang, Iram Rustendi, Heri (Sekdes), Melaporkan. Pada hari Selasa, 26 Juni 2024, sekitar Pukul 22.00 WIB - Pemerintah Desa Sukagalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, melaksanakan apel patroli gabungan yang dipimpin oleh Kepala Desa Sukagalih, Aja Waridin. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi (Rakoord) Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Jonggol bersama Kepala Desa se-Kecamatan Jonggol yang diadakan pada 19 Juni 2024 lalu. Rapat tersebut membahas strategi penanggulangan tindak pencurian dengan kekerasan (Curas) serta upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kecamatan Jonggol.


Apel patroli gabungan ini melibatkan berbagai unsur masyarakat dan instansi pemerintahan. Hadir dalam kegiatan tersebut unsur Koramil Jonggol, Polsek Jonggol dari Polres Bogor, Satpol PP Kecamatan Jonggol, staf desa, serta RT, RW, dan kepala dusun (Kadus) Desa Sukagalih.


Selain itu, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), serta berbagai kelompok dan organisasi masyarakat (Pokdar) seperti Karang Taruna, Pramuka, dan Satlinmas Desa Sukagalih turut berpartisipasi dalam apel ini.


Setelah apel, kegiatan dilanjutkan dengan patroli ke wilayah perbatasan, Desa Bendungan, Desa Sukagalih, dan Desa Weninggalih. Patroli ini bertujuan untuk meningkatkan rasa aman di masyarakat dan mencegah terjadinya tindak kriminalitas, terutama pencurian dengan kekerasan yang belakangan ini menjadi perhatian serius Muspika Kecamatan Jonggol. Dengan adanya patroli gabungan ini, diharapkan situasi kamtibmas di wilayah Kecamatan Jonggol dapat lebih terkendali dan masyarakat merasa lebih aman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.


Kepala Desa Sukagalih, Aja Waridin, menyampaikan pentingnya sinergi antara pemerintah desa, aparat keamanan, dan masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan.

"Kami berkomitmen untuk terus melakukan langkah-langkah preventif bersama seluruh elemen masyarakat dan aparat terkait, demi menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh warga," ujarnya.


Harapannya, kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara rutin untuk menjaga kondusivitas wilayah dan menekan angka kriminalitas khususnya di Desa Sukagalih dan sekitarnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama