Inilah Profil 12 Tim Peserta Turnamen Sukagalih Cup 2024


Kalam, Sukagalih. Dalam rangka menyambut ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-79, Desa Sukagalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, kembali menggelar tradisi turnamen sepak bola Sukagalih Cup, yang akan diselenggarakan pada 20 Juli 2024 mendatang. Tidak tanggung-tanggung, tahun 2024 ini peserta turnamen sebanyak 12 tim yang ikut serta dalam turnamen Sukagalih Cup 2024. Berikut adalah profil para peserta turnamen, lengkap dengan sejarah dan asalnya.


1. Star Junior FC

Star Junior FC merupakan tim kuat asal Lewijati dengan sejarah yang panjang. Tim ini sudah mengikuti turnamen Sukagalih Cup sejak resmi berdirinya kejuaraan pada tahun 2002 silam. Star Junior sudah mengoleksi gelar juara turnamen Sukagalih Cup sebanyak 3 kali yaitu pada tahun 2006, 2010 dan 2016.

2. Aremci FC

Aremci FC yang dahulunya bernama Cimet FC, juga merupakan salah satu tim kuat asal Cimendo Impres. Berdiri sejak tahun 2004 silam, tim yang berjuluk Elang Biru tersebut telah memperoleh gelar juara sebanyak 2 kali di turnamen Sukagalih Cup yaitu pada tahun 2012 dan 2015.

3. PRJ Reborn

PRJ Reborn yang dahulunya bernama PRJ 02, tim asal Jemblung Kidul tersebut juga merupakan salah satu tim kuat yang pernah menjadi momok menakutkan musuh sejak era Cepot, Kanta, terakhir era Ujang Sumintra, Miftahudin dan Kaman Bachtiar. Meski salah satu pemain legendarisnya Ujang Sumintra sempat menjadi pemain terbaik dan pelari tercepat pada era 2005, beliau masih aktif membela tim asalnya dengan harapan mengembalikan era keemasan mereka. PRJ Reborn mengoleksi gelar juara turnamen Sukagalih Cup sebanyak 3 kali yaitu pada tahun 2002, 2003 dan 2005.


4. Pemdes FC

Pemdes FC merupakan tim yang paling lama mengikuti turnamen Sukagalih Cup. Karena mereka adalah penyelenggara turnamen yang terdiri dari para pemain staf desa dan para pemain legendaris yang sudah pensiun membela klub-klubnya, Pemdes FC tetap bersemangat dan terus menghiasi hiburan di turnamen.

5. Samba FC

Samba FC merupakan tim kuat yang berasal dari Jemblung Babakan. Sejak berdirinya turnamen Sukagalih Cup pada tahun 2002 silam, Samba FC merupakan tim dengan banyak prestasi di turnamen sejak era Stadion Griya Marselina silam. Tim yang berjuluk Maung Bereum tersebut sudah memperoleh gelar juara sebanyak 6 kali, yaitu pada tahun 2004, 2009, 2011, 2013, 2014 dan 2023.


6. Garung United

Garung United merupakan salah satu tim kuat asal Garung, pada era 2006 silam sempat mencatatkan diri sebagai tim Kuda Hitam dan hampir menjadi juara pada masa tersebut, tercatat nama-nama pemain hebat seperti A Saepulloh, Abi dan Peang. Garung United merupakan tim yang paling kompak di setiap turnamen Sukagalih Cup.


7. Kapok FC

Tim debutan baru tahun 2023, Kapok FC yang berasal dari pemuda Pojok Cengkeh dan Kaum, merupakan salah satu tim kuat yang sempat menggegerkan publik tahun lalu. Berhasil menjadi Runer Up di Sukagalih 2023, Kapok FC bertekat terus mengembangkan sepak bola di wilayahnya. Tercatat nama-nama seperti Bajil, Jujun dan Sahrul berhasil menjadi pemain hebat dimasa sekarang.


8. Putra Mandiri FC

Putra Mandiri, tim yang berasal dari Cimendo Lebak tersebut merupakan tim kuat yang mempunyai sejarah panjang di turnamen Sukagalih Cup. Tim langganan Semifinal tersebut, pada era 2009 mencatatkan sejarah hampir menumbangkan PRJ 02 lewat adu penalti, sayangnya penalti yang di eksekusi Bapak Lurah Hormat Samsudin berhasil di gagalkan oleh penjaga gawang Miftahudin yang sekaligus menjadikannya penjaga gawang terbaik sepanjang masa yang dimiliki Desa Sukagalih.


9. Ceblek FC

Ceblek FC merupakan tim legendaris yang sudah lama ada sejak berdirinya turnamen Sukagalih Cup, meski selalu terhenti di partai semifinal oleh PRJ 02 yang kemudian menjadi Rivalnya, tim asal Cimendo Wetan tersebut sempat menjadi momok menakutkan pada era turnamen di stadion Griya Marselina dan sempat mengalahkan Samba FC yang diperkuat Aang Andawijaya dan Enggan, di babak penyisihan Sukagalih Cup tahun 2003 silam.


10. Marselina FC

Marselina FC yang dulunya memiliki julukan The Red Eagle Team (Tim Elang Merah) merupakan tim yang mempunyai sejarah panjang di turnamen Sukagalih Cup. Era keemasan Marselina FC terjadi pada era Stadion Perumnas Griya Marselina dengan pemain legendaris mereka seperti Mulyadi, Iqrom, Eko, Willy dan Niko. Prestasi terbaiknya yaitu mengalahkan PRJ 02 di semifinal yang menjadi tim menakutkan pada saat itu, naasnya Marselina FC harus menyerah dari Samba FC di final Sukagalih Cup 2004 lewat gol spektakuler Cemong. Meski begitu salah satu pemain legendarisnya Eko masih memperkuat Marselina FC hingga sekarang.


11. Amazone FC

Amazone FC merupakan tim debutan pada tahun 2023, tim asal Cimendo Lebak tersebut merupakan tim paling banyak memainkan skuad muda. Amazone FC juga merupakan tim kuat yang hampir saja lolos ke semifinal pada turnamen Sukagalih Cup 2023 tahun lalu. Dengan banyaknya pemain muda mereka dengan bakat terpendam, tidak mustahil di turnamen Sukagalih Cup 2024 ini bisa mengejutkan kembali para tim lawan-lawannya


12. Qaum FC

Qaum FC merupakan tim yang berasal dari Kaum Desa Sukagalih, tim yang dahulunya bernama Kaum Hadir FC ini juga merupakan tim legendaris yang sudah mengikuti turnamen Sukagalih Cup sejak lama. Sebelum menghilang dari turnamen, Qaum FC sempat menjadi tim menakutkan pada era 2010 silam. Saksikan kiprah mereka di Sukagalih Cup 2024.

Sukagalih Cup 2024

Dengan banyaknya para peserta turnamen Sukagalih Cup 2024, semoga turnamen sepak bola untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-79 tersebut bisa tercapai dengan meriah, damai dan tanpa hambatan. Saksikan dan pantau terus Sukagalih Cup 2024 hanya di Radar Sukagalih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama